Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

MASA DEPAN ENTHOG KUDU KUMAHA?!

MASA DEPAN ENTHOG KUDU KUMAHA?!

PURWAKARTA, Lebak Anyar - Peternak enthog Purwakarta berharap banyak kepada Pemerintah akan kemajuan pemasaran enthog hias maupun konsumsi.

enthog merupakan salah satu jenis unggas yang masuk dalam famili Anatidae. enthog dapat berukuran sedang hingga agak besar. enthog jantan memiliki ukuran panjang sekitar 86 cm dengan bobot hingga 3 kg dan betina memiliki panjang 64 cm dengan bobot 1,3 kg Sedangkan untuk enthog atau menthog peliharaan memiliki ukuran yang lebih besar dengan bobot hingga 7 kg untuk jantan dan sekitar 5 kg untuk betina. enthog memiliki nama lain yaitu itik serati, itik surati, itik manila, basur dan dalam bahasa inggris disebut Barbary duck atau Muscovy duck.

Pada hari Selasa (12/9) Praja IPDN mendatangi salah satu tempat budidaya enthog milik Pak Yayat yang berada di desa Lebak Anyar. Pak Yayat juga dipercaya menjadi koordinator peternak enthog di lingkungan Desa Lebak Anyar. Saat ini Pak Yayat memiliki 80 ekor enthog yang berada di kandang di dekat rumahnya. enthog yang dijual Pak Yayat dimulai dari anakan hingga enthog dewasa. Namun Pak Yayat dan peternak enthog lainnya memiliki kegelisahan terhadap bandar enthog. Bandar enthog ini selalu mempermainkan harga enthog sehingga menjadi murah dan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh peternak enthog lainnya. Mau tidak mau peternak enthog terpaksa mengikuti harga yang ditetapkan oleh bandar enthog dikarenakan takut enthognya tidak laku dan tidak ada pembeli lainnya.

Untuk itu peternak enthog khususnya peternak enthog di desa Lebak Anyar memiliki harapan agar pemerintah lebih memperhatikan para pelaku budidaya enthog ini agar dapat memasarkan enthog dengan pasar yang lebih luas dan menentukan harga sesuai kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli. Disampaikan juga oleh pak yayat bahwa peternak enthog berharap agar enthog dapat menjadi kuliner khas purwakarta sehingga permintaan dan penjualan enthog dapat meningkat dan dijual dengan harga yang layak. 

Komentar

raja rizka
Rabu, 13 September 2023 11:40

keren dan bermanfaat

Yunelbri Rahmana
Rabu, 13 September 2023 11:40

keren

Aryo Purnomo
Rabu, 13 September 2023 11:46

sangat bermanfaat

Agung Daniel Situmorang
Rabu, 13 September 2023 11:49

Sangat bermanfaat

adelia m rahmi
Rabu, 13 September 2023 12:05

masyaallah terbaik!

M. Robby Tri Minaldy
Rabu, 13 September 2023 14:22

keren

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *