Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Artikel Terpopuler

GERCEP!!! Desa Lebak Anyar Bagikan kembali Bantuan Pangan Beras

Purwakarta, Lebak Anyar -- Desa Lebak Anyar kembali bagikan Beras Bulog kepada PHK pada hari Kamis (09/11/2023) lalu yang bertempat di Aula Desa Lebak Anyar. Pemdes  Lebak Anyar bekerjasama dengan PT. POS Indonesia dan disimbolisasi pembagiannya oleh Bapak Kepala Desa Lebak Anyar,Bpk. Gugun Gunawan dan kemudian dibagikan ke masyarakat yang mendapat bantuan sebanyak 293 PKH berupa beras 10 kg. "Diharapkan dengan adanya bantuan ini bisa membantu masyarakat Desa Lebak Anyar dalam menanggulangi krisis bahan kebutuhan pokok, khususnya beras yang kini mulai meningkat harganya". Kata Kepala Desa Lebak Anyar.

Musdes Penetapan RKP Desa 2024 di Lebak Anyar

Purwakarta, Lebak Anyar -- Kamis (02/11/2023) Desa Lebak Anyar telah melaksanakan musyawarah tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) 2024 di Aula Kantor Desa Lebak Anyar. Musyawarah ini dimulai pukul 13.00 WIB yang dihadiri oleh Kepala Desa, Pendamping Desa, Perangkat Desa, BPD serta tokoh masyarakat yang turut aktif dalam pembangunan dan perencanaan-perencanaan desa. Proses musyawarah ini berlangsung dalam suasana demokratis dan mendapat perhatian serius dalam setiap perencanaannya. Setelah berlangsung selama beberapa jam, musyawarah desa ini berakhir sekitar pukul 18.00 WIB dan hasil nya diolah menjadi RKPDesa tahun 2024 dan menjadi dasar penyusunan untuk RKPDesa tahun 2025 nanti.

Giat Pembuatan Septic Tank di Dusun I Desa Lebak Anyar

Purwakarta, Lebak Anyar -- Ketua Dusun I, Bapak Dadan Ramdhani beserta warga gotong royong membangun Septic Tank pada hari selasa (31/10/2023) lalu. Kegiatan pembangunan septic tank ini dilakukan di rumah Ibu Kokom/ Pak Ujang yang beralamatkan di RT 02/01 Desa Lebak Anyar.Pembangunan ini dilakukan karena warga tersebut tidak punya lahan untuk pembuatan septic tank. "Setiap hari kami selalu pergi ke MCK hanya untuk buang air dan mencuci pakaian, padahal kami ada kamar mandi namun tidak ada tempat pembuangannya" Kata Bapak ujang. Pembangunan ini untuk sementara dilakukan di wilayah RT 02 dulu sambil memverifikasi kembali warga-warga yang memang belum punya septic tank karena keterbatasan lahan dan keuangan.

Antusias Ibu-Ibu Menghadiri Program DASHAT di Desa Lebak Anyar

Purwakarta, Lebak Anyar -- Kegiatan Dapur Sehat Atasi stunting (DASHAT) mendapatkan antusiasme dari Ibu-ibu warga desa Lebak Anyar.. Kegiatan tersebut diadakan di Aula Kantor Desa Lebak Anyar pada hari Senin(31/10/2023) yang dimulai dari jam 09.00 WIB s.d. selesai. Acara ini dihadiri oleh Kader PKK desa Lebak Anyar, bidan desa, BKKBN dari Kecamatan Pasawahan dan juga peserta dari Ibu-ibu warga Desa Lebak Anyar. Untuk kegiatan ini dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok  pertama di ketuai oleh Ibu Kades Neneng Kurnia Gunawan dengan anggota atau peserta sebanyak 20 orang. Sedangkan untuk kelompok dua diketuai oleh Ibu Mulya Dewi dengan anggota atau peserta sebanyak 20 orang juga. Para ibu-ibu di wilayah tersebut dengan sangat gembira dan penuh semangat menghadiri kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Kegiatan ini memiliki tujuan penting untuk mengubah pola perilaku masyarakat, khususnya para ibu-ibu, dalam penyiapan gizi seimbang yang dimulai dari keluarga. Dalam acara ini, ibu-ibu didorong untuk mengadopsi pola makan yang sehat dan memberikan gizi yang cukup kepada anak-anak mereka, sehingga dapat mencegah stunting. Kegiatan DASHAT diawali dengan sesi sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya gizi seimbang dalam makanan keluarga. Para ibu-ibu diberikan informasi tentang makanan bergizi, pilihan menu sehat, serta cara memasak yang tepat agar nutrisi tetap terjaga. Melalui kegiatan DASHAT, diharapkan pola perilaku positif dalam pemilihan makanan dan penyiapan gizi seimbang akan menjadi budaya yang melekat di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Lebak Anyar. Diharapkan juga angka stunting dapat dikurangi secara signifikan, sekaligus meningkatkan kualitas hidup anak-anak dan masa depan bangsa. Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Lebak Anyar merupakan langkah nyata dalam membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi seimbang dalam penanganan stunting. Melalui partisipasi aktif para ibu-ibu, perubahan positif dalam pola makan keluarga dapat dicapai, menciptakan generasi yang kuat dan sehat untuk masa depan yang lebih baik.

Kelompok KB Desa Lebak Anyar Lakukan Briefing Persiapan DASHAT

Purwakarta, Lebak Anyar -- Senin (30/10/2023)  perwakilan dari Pemdes dan Kader PKK Desa Lebak Anyar mengadakan briefing untuk  mempersiapkan Program Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT).  Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Sedangkan Program DASHAT sendiri merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan baduta/ balita stunting. Dengan melalui pemanfaatan sumberdaya lokal (termasuk bahan pangan lokal) yang dapat dipadukan dengan sumberdaya/ kontribusi dari mitra lainnya. Lebih spesifik, Dashat  merupakan integrasi kegiatan sosial dan wirausaha untuk dapat mengatasi masalah yang ada di masyarakat. Unsur sosial itu berupa pemberian makanan sehat dan bergizi seimbang bagi sasaran keluarga berisiko stunting, terutama keluarga kurang mampu.  Selain Para Kader, rapat ini juga hadir perwakilan dari DPPKB kecamatan Pasawahan dan Bidan Desa Lebak Anyar. Untuk para kader dibagi menjadi 2 tim dengan beranggotakan 10 orang.dan untuk setiap tim nya agar memberikan makanan untuk  20 orang baduta/ balita stunting agar nanti dilihat perkembangan nya. "Dengan adanya Program DASHAT ini diharapkan agar bisa menekan dan menurunkan angka stunting di masyarakat terutama di wilayah Desa Lebak Anyar ini." Ucap Ibu Evi salah satu Kader PKK Lebak Anyar.